REVIEW MANDIRI MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA MASSA

Nama : Muhammad Raihan Akhsal

NIM :  21041017

Prodi : Ilmu Komunikasi A

Dosen Pengampu : Muhammad Taslim, S.Ikom., M.Ikom.


REVIEW MANDIRI MANAJEMEN INDUSTRI MEDIA MASSA


  1. Apa itu manajemen media massa?
  2. Bagaimana sebaiknya tata kelola manajemen sehingga media massa dapat berkembang?
  3. Bagaimana regulasi media Indonesia saat ini?
  4. Apa yg membuat media massa Indonesia dapat berkembang dan diterima di masyarakat?
  5. Perlukah media massa Indonesia di ubah, jika perlu bagaimana cara paling efektif mengubah wajah baru media massa Indonesia?

JAWABAN

  1. Manajemen media massa adalah ilmu yang mempelajari bagaimana tata cara dalam mengelola media massa dengan prinsip-prinsip dan seluruh proses manajemen dilakukan.
  2. Faktor yang dapat dikelola agar media bisa berkembang yaitu : Perencana media massa harus dipikirkan dengan baik dan informasinya harus faktual, membuat atau merancang acara atau program berita berdasarkan minat pasar, menyajikan peristiwa yang sedang terjadi di masyarakat sehingga beritanya relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan menyiarkan kejadian-kejadian terkini di masyarakat sehingga berita tersebut memenuhi kebutuhan masyarakat.
  3. Perilaku media tidak lepas dari kepentingan pihak-pihak yang terlibat dalam sistem media, pers pada umumnya dan seluruh industri media cetak dan elektronik. Peraturan dapat berupa undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintah (seperti undang-undang pers) atau kode etik yang dikeluarkan oleh jurnalis atau organisasi profesi. Peraturan pers di Indonesia diatur dalam UU No.40 Tahun 1999 tentang pers, untuk mendukunh pelaksanaan UU Pers, Dewan Pers menetapkan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Sedangkan peraturan media penyiaran yang ditetapkan oleh UU No.32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Sebagai penjabaran dari UU Penyiaran, KPI menetapkan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) sebagai proses batas pembuatan program siaran, dan Penyiaran Standar Program (PSP) sebagai batas program siaran dalam pengiriman.
  4. Secara umum, media massa merupakan sarana penyampaian informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi, dan media massa sendiri berperan dalam mengubah kesadaran masyarakat. Di Indonesia, media massa berkembang berkat kecanggihan teknologi. Dengan kata lain, media massa online memungkinkan masyarakat dengan cepat menemukan informasi yang dikirim oleh komunikator kepada masyarakat karena mereka dapat melihat dan mendengar informasi dan berita di mana saja.
  5. Media massa di Indonesia berkembang relatif baik, namun tetap saja membutuhkan perubahan. Cara efektif untuk mengubah wajah baru media massa di Indonesia adalah media massa memanfaatkan digitalisasi yang ada dan berkembang lebih lanjut dengan menyertakan media online (website). Namun, revolusi digital belakangan ini telah banyak mengubah arus media massa dan memberikan warna/wajah baru bagi dunia berita Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Penggunaan Mendeley