Menuangkan Pikiran ke Dalam Bentuk Tulisan

Menuangkan Pikiran ke Dalam Bentuk Tulisan


Assalamu'alaikum Wr Wb.

    Selamat siang semuanya (saat saya membuat blog ini). Terima kasih telah berkunjung kembali di blog saya yang masih amatiran ini. Sebenarnya dari dulu saya memiliki niat untuk membuat banyak artikel namun saya belum paham bagaimana cara membuat artikel sebelumnya. Alhamdulillah berkat ilmu yang saya dapatkan, akhirnya saya sedikit-sedikit paham tentang tentang cara membuat artikel yang baik dan benar (walaupun masih acak-acakan). 

    Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya ingin menuangkan yang ada di pikiran saya ke dalam bentuk tulisan. 

    Banyak orang atau mungkin para pembaca disini sering kali mencurahkan apa yang telah kalian alami ke dalam buku harian kalian atau yang sering disebut "diary". Saya yang jarang sekali menulis dan saya yang sangat terobsesi dengan musik, saya pun tertarik akan hal tersebut untuk membuat lirik lagu yang memiliki makna yang mendalam. Namun ketika saya mengambil pena dan hendak menggoreskannya di atas kertas putih saya pun terdiam. Di dalam pikiran saya selalu terlintas "Apa yang ingin saya tulis?". Saya pun mencari tahu akan hal itu dan akhirnya saya sadar bahwa menulis itu susah bagi orang yang tidak merasa percaya diri akan tulisannya sendiri. Saya merasakan hal itu. Saya terlalu pesimis terhadap tulisan saya sendiri karena saya selalu merasa bahwa jika peristiwa yang saya alami kemudian saya tuangkan menjadi tulisan, saya merasa malu apabila orang-orang membaca tulisan yang saya buat. Akhirnya saya pun malas dalam menulis sesuatu.

    Namun tidak sedikit orang yang sukses dengan karya tulisnya. Contohnya saja novel Harry Potter karya J.K Rowling yang menjadi novel paling laris di dunia dengan penjualan hingga 450 juta kopi. Atau dari seorang musisi yang merupakan salah satu idola saya yaitu Kurt Cobain yang digandrungi sebagai salah satu penulis lagu terbaik era 90-an. Di dalam lagu "Something in the Way" dalam albumnya bersama band yang membesarkan namanya yaitu Nirvana. Album yang bertajuk "Nevermind" menjadi salah satu album paling berpengaruh beliau menjelaskan masa lalunya yang diusir dari rumahnya dan harus hidup di kolong jembatan. Berkat keberaniannya dalam menulis apa yang telah ia alami dan dijadikan sebagai lirik lagu, ia pun dianggap sebagai salah seorang legenda di kancah musik rock.

Kurt Cobain saat menulis

 
   Kita tidak akan menjadi orang yang gagal selama kita berani, percaya diri dan kreatif untuk mempublikasikan karya kita ke banyak orang. “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri” (J.K. Rowling).

    Sekian pembahasan dari saya kali ini, mohon maaf apabila yang saya sampaikan terlalu bertele-tele atau mungkin berantakan karena saya masih belajar dan karena saya adalah pemula dalam hal menulis. 

Terima kasih,

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Penggunaan Mendeley