REVIEW MANDIRI PERILAKU ORGANISASI

 REVIEW MANDIRI PERILAKU ORGANISASI

Nama : Muhammad Raihan Akhsal
NIM : 21041017
Prodi : Ilmu Komunikasi A
Semester : 3
Dosen Pengampu : Dra. Mariati Tirta Wiyata, MBA., CIQnR

Mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang Perguruan Tinggi, yang berperan sebagai generasi penerus bangsa serta diharapkan untuk memiliki kemapuan, akhlak yang mulai serta keterampilan untuk menjadi calon pemimpin di masa depan demi bangsa. Institut Manajemen Wiyata Indonesia memfasilitasi setiap mahasiswa untuk menimba ilmu yang bermanfaat bagi masa depan mahasiswa. Mata kuliah Penulisan dan Presentasi Ilmiah menjadi dasar untuk mengasah keahlian mahasiswa dalam menulis yang baik dan benar.

Di paruh semester kali ini, mata kuliah Perilaku Organisasi membahas berbagai macam topik seputar keorganisasian. Salah satu topik yang ingin penulis bahas yaitu topik seputar Work Motivation and Satisfaction. Pembahasan materi tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat memahami seperti apa lingkungan keorganisasian dan bisa saja menjadi bekal bagi mahasiswa ketika sudah memasuki dunia kerja.

Motivasi adalah proses psikologis yang terjadi pada seseorang di bawah pengaruh berbagai faktor. Motif kerja diperlukan sebagai dasar adanya motivasi, yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja. mc Clelland (dalam Hendra, 2010) mengemukakan bahwa aspek-aspek yang berkaitan dengan motivasi kerja adalah; 1. Amanah yang memiliki ciri-ciri seperti percaya bahwa dia tahu bagaimana menyusun jadwal kerja, mengatur jadwal kerja dan membiasakan diri secara efektif dengan semua proses kerja dan tahu bagaimana menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan. 2. Ketahanan terhadap tekanan, tekanan yang dialami karyawan, merupakan masalah tersendiri yang perlu dibenahi, karena karyawan yang mengalami tekanan kerja berlebihan biasanya kurang optimal dalam pekerjaannya, sehingga karyawan yang mengatasi sisi positif dari tekanan justru dapat menginspirasi. orang untuk bekerja lebih baik dan lebih termotivasi sehingga pekerjaan yang mereka lakukan memenuhi harapan perusahaan. 3. Tanggung jawab dalam memecahkan masalah, ditandai dengan sikap individu yang melihat masalah atau sesuatu menurut kebenaran, yang seharusnya tidak sesuai dengan kebenaran pribadi atau apa yang menurutnya benar, dan masalah, yaitu peristiwa yang melaluinya dia menganalisis bantuan dari pikiran yang dapat diterima menurut akal dan realitas. 4. Keputusasaan, dalam proses kerja karyawan sering dan sering menghadapi masalah yang berbeda, masalah antara satu karyawan dengan karyawan lainnya tidak selalu sama. Bagi karyawan yang tidak dapat menyelesaikan masalah mereka karena merasa putus asa, mereka menghadapi tekanan yang berbeda untuk dapat secara jelas menentukan tujuan untuk mencapai dan mencapai tujuan, dan untuk mengetahui item pekerjaan mana yang selesai dan tidak lengkap.

Kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang nyaman atau tidak nyaman di mana karyawan merasakan pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang tentang pekerjaannya. Kepuasan kerja ini tercermin dari sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang mereka temui di lingkungan kerja. (Handoko, 1996). Robbins (2001) menyatakan bahwa ada beberapa aspek yang menentukan kepuasan kerja. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut; 1) Pekerjaan yang Menantang Mental Karyawan pada umumnya menyukai pekerjaan yang memungkinkan mereka menggunakan keterampilan dan bakat mereka, dan yang menawarkan tugas, kebebasan, dan umpan balik atas kinerja mereka. Kualitas-kualitas ini membuat pekerjaan menantang secara mental. Terlalu sedikit pekerjaan yang menantang menyebabkan kebosanan, tetapi terlalu banyak pekerjaan yang menantang menyebabkan frustrasi dan rasa gagal. Dalam kondisi tantangan sedang, sebagian besar karyawan mengalami kegembiraan dan kepuasan. 2) Kompensasi yang Adil Karyawan menginginkan sistem penggajian dan kebijakan promosi yang mereka yakini adil, tidak kabur, dan sesuai dengan harapan mereka. Ketika gaji dianggap adil berdasarkan persyaratan pekerjaan, tingkat keterampilan individu dan standar gaji masyarakat, kepuasan lebih mungkin terjadi. Tentu saja, tidak semua orang mencari uang. Banyak orang bersedia menerima lebih sedikit uang untuk bekerja di lokasi yang diinginkan atau pekerjaan yang tidak terlalu menuntut, atau menjadi fleksibel dalam pekerjaan dan jam kerja mereka. Tetapi kunci rasio pembayaran terhadap kepuasan bukanlah jumlah absolut yang dibayarkan; yang lebih penting adalah persepsi keadilan. Demikian pula, karyawan berusaha untuk lebih banyak kebijakan dan praktik promosi dan status sosial yang lebih baik. Oleh karena itu, individu yang merasa bahwa keputusan promosi dibuat dengan cara yang adil kemungkinan akan mengalami kepuasan kerja. 3) Kondisi kerja yang mendukung Karyawan menjaga lingkungan kerja, baik untuk kesejahteraan mereka sendiri maupun untuk memfasilitasi tugas. Penelitian menunjukkan bahwa pekerja lebih menyukai lingkungan fisik yang tidak berbahaya atau tidak nyaman. Temperatur (suhu), cahaya, kebisingan dan faktor lingkungan lainnya tidak boleh ekstrim (terlalu banyak atau terlalu sedikit). 4) Kolega yang Mendukung Orang mendapatkan lebih banyak dari pekerjaan mereka daripada uang atau manfaat nyata. Bagi sebagian besar pekerja, bekerja juga memenuhi kebutuhan akan interaksi sosial. Maka tidak heran jika rekan kerja yang ramah dan suportif meningkatkan kepuasan kerja. Perilaku atasan juga merupakan faktor penentu kepuasan. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kepuasan karyawan meningkat ketika manajer lini baik dan pengertian, memuji pekerjaan yang baik, mendengarkan pendapat karyawan, dan menunjukkan minat pribadi terhadap mereka. 5) Kesesuaian Kepribadian dengan Pekerjaan Pada dasarnya, orang yang tipe kepribadiannya sesuai dengan pekerjaan pilihannya harus menemukan bahwa mereka memiliki bakat dan keterampilan yang tepat untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mereka. Oleh karena itu, mereka lebih mungkin berhasil dalam pekerjaannya dan karena keberhasilan itu, mereka memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kepuasan kerja yang tinggi.

Kepuasan kerja merupakan bagian penting dari seorang karyawan dalam suatu organisasi karena dengan adanya kepuasan kerja pada seorang karyawan dalam bekerja akan lebih memotivasi dirinya dalam setiap kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan aspek pekerjaan yang mempengaruhi kepuasan kerja meliputi komunikasi dan rekan kerja, kemajuan, keamanan kerja, gaji, kepemimpinan perusahaan dan manajerial, faktor internal kondisi kerja dan aspek sosial di tempat kerja. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh pertumbuhan gaji, pekerjaan itu sendiri, pengawasan, rekan kerja, keamanan kerja, kondisi kerja, manajemen/politik, komunikasi, tanggung jawab, pengakuan, prestasi kerja dan peluang pengembangan. (Robbin, 2001) Berdasarkan penjelasan di atas, berarti ada hubungan antara kepuasan kerja dan motivasi kerja: motivasi kerja menciptakan kepuasan kerja karyawan, yang pada akhirnya membuat karyawan lebih produktif dan mencegah frustasi dan rendahnya kepuasan kerja. bagi para karyawan..., salah satunya adalah kepuasan kerja, yang pada akhirnya memotivasi para karyawan tersebut untuk bekerja lebih giat lagi untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dan optimal dalam pencapaian tujuan perusahaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Penggunaan Mendeley